• Cari Properti Online Murah Rumah Dijual di Indonesia

Compare Listings

7 Tips Agar Rumah Terasa Sejuk Tanpa AC

Tidak hanya digunakan sebagai tempat tinggal saja, rumah juga perlu dibuat senyaman mungkin agar para penghuninya dapat bersantai. Terkadang masalah yang sering muncul adalah bila rumah terasa gerah atau panas. Bagi orang sebagian orang tak perlu berpikir panjang karena AC merupakan solusi cepat. Namun jika anda ingin berhemat, maka tak perlu khawatir karena terdapat 7 Tips Agar Rumah Terasa Sejuk Tanpa AC. Hal ini selain memberikan pergantian udara alami di dalam rumah, anda pun dapat menghemat budget listrik karena tak perlu AC serta lebih ramah lingkungan. Jadi pada dasarnya yang paling diperhitungkan untuk tahapan tersebut yaitu menentukkan 7 tips ini sebelum atau sewaktu membangun rumah idaman anda. Caranya sebagai berikut

7 Tips Agar Rumah Terasa Sejuk Tanpa AC

  1. Sirkulasi Bukaan Yang Cukup

Membangun rumah, tidak hanya berfokus pada satu hal saja, tapi ada hal – hal sepele termasuk jumlah sirkulasi bukaan (sebagai tempat pertukaran udara luar) yang harus diperhatikan. Sehingga bila jumlah sirkulasi udara sesuai dengan ukuran rumah anda maka hunian anda akan lebih terasa sejuk.

  1. Banyak Tanaman

Tanaman merupakan salah satu cara untuk membuat lingkungan di sekitar rumah menjadi sejuk dan segar. Ada baiknya mengisi ruangan – ruangan kosong dengan tanaman hias atau mungkin saja jika ada pekarangan di belakang rumah anda bisa memanfaatkan untuk menanam beberapa jenis tanaman rindang.

  1. Membuat Cross Ventilation

Tips Agar Rumah Terasa Sejuk Tanpa AC selanjutnya adalah membuat cross ventilation yang artinya dua buah kaca jendela dibuat berhadapan satu sama lain sehingga pertukaran udaranya dapat berjalan dengan baik atau biasa disebut ventilasi silang. Ini menjadi tips paling mudah yang bisa anda terapkan langsung ketikan membangun rumah agar terkonsep secara tepat.

  1. Buat Langit – Langit Tinggi

Rumah dengan plafon rendah bisa menjadi penyebab utama bahwa hunian akan terasa sempit, sumpek bahkan gerah saat berada di dalam. Jadi dengan membuat langit – langit plafon lebih tinggi maka perluasan rumah terasa lebar dan lebih sejuk. Sedangkan untuk mengurangi panas berlebihan, anda pun bisa mengkombinasikan genteng dengan lapisan alumunium foil (ditaruh dibawah genteng).

  1. Kaca Film

Biasanya rumah – rumah sederhana dengan hawa yang sejuk mengutamakan penggunaan kaca film pada bagian atap rumah. Tujuannya yaitu memberikan pencahayaan sinar matahari yang cukup tanpa menjadikan ruangan tersebut gerah atau panas.

  1. Turbine Ventilator

Nah, untuk yang satu ini memang tergolong canggih dan sepertinya memerlukan biaya lebih banyak. Dengan memanfaatkan turbine ventilator di atap rumah, nantinya alat berbentuk sirip tersebut menangkap udara di lingkungan luar yang kemudian diteruskan ke dalam ruangan untuk menjaga sirkulasi udara ruangan.

  1. Penerapan Dinding Styrofoam

Pastinya anda sudah tahu bahwa dinding Styrofoam seringkali dipakai pada ruangan studio rekaman sebagai peredam suara. Disisi penerapan konsep rumah dengan dinding Styrofoam mampu menjadi isolasi termal yang baik sehingga panas di area ruangan dapat dikurangi.

Itulah tadi dari 7 Tips Agar Rumah Terasa Sejuk Tanpa AC, semoga dapat menjadi solusi tepat untuk kesejukan hunian rumah anda. Terima kasih

img

arifin

    Related posts

    Daftar Perumahan Bersubsidi di Bekasi dan Karawang

    Guna mendukung program sejuta rumah dari pemerintah, Real Estat Indonesia kini telah turut...

    Continue reading
    by arifin

    Cara Mengubah Status HGB Ke SHM

    Bingung dengan bagaimana Caranya Mengubah Status sertifikat dari HGB Ke SHM? Anda takut ditolak...

    Continue reading
    by arifin

    Pengalaman Buruk ‘Tertipu’ Developer Properti

    Banyak sekali pengalaman buruk yang menimpa para konsumen yang ingin membeli properti. Masalah yang...

    Continue reading
    by arifin

    Join The Discussion