• Cari Properti Online Murah Rumah Dijual di Indonesia

Compare Listings

Mengapa KPR Anda Ditolak? Inilah Penyebab KPR Tidak Disetujui

dokumen syarat kpr

Pada pembahasan kali ini adalah tentang Mengapa KPR Anda Ditolak oleh Bank? Sebenarnya masyarakat pada umunya sudah mengetahui pengajuan KPR (Kredit Kepemilikan Rumah) bisa dengan mudah diajukan asal syarat – syaratnya terpenuhi. Namun bagi anda yang sampai sekarang ditolak terus menerus, mungkin saja ada beberapa penyebab utama sehingga perlu adanya perbaikan terhadap syarat pengajuannya. Pastinya pihak bank pun tidak serta merta menerima ajuan KPR anda karena terdapat seleksi ketat agar mengurangi yang namanya kredit macet. Apalagi anda sudah pernah bermasalah dengan bank, maka kemungkinan besar pula pengajuan terhadap KPR langsung ditolak mentah – mentah. Untuk lebih jelasnya, mari simak ulasan secara detail berikut ini.

Artikel lain: Rencana Anggaran Biaya Rumah Minimalis Sederhana

Mengapa KPR Anda Ditolak?

  1. Sejarah Keuangan Buruk

Umunya masyarakat secara langsung mengajukan KPR dan mengabaikan bagaimana catatan keuangan (pengkreditan apakah masuk dalam black list Bank Indonesia atau tidak. Jadi bila terlalu banyak sejarah tagihan kredit yang menunggak maka bisa jadi pengajuan KPR tentu saja ditolak mentah – mentah. Ini menjadi alasan tepat bahwa bank juga tidak ingin ribet tehadap nasabah bereputasi buruk.

  1. Dokumen Tidak Lengkap

Mengajukan KPR, pastinya sangat diperlukan dokumen – dokumen penting sebagai syarat pengajuan, sehingga bila dokumen tersebut tidak lengkap atau sedikit saja data – datanya kurang lengkap, maka pihak bank bisa membuat KPR tersebut ditolak. Begitu pula dengan pemberian data yang salah atau tidak akurat, misalnya anda memasukkan pendapatan bulanan sebesar 10 juta, namun kenyataan setelah di konfirmasi oleh bank, anda hanya memiliki gaji 6 juta per bulan.

  1. Ketidaksesuaian Pendapatan Terhadap Cicilan KPR

Biasanya pada tahap seleksi, bank akan memperhitungkan cicilan KPR yang berkisar maksimal 30% dari penghasilan anda. Misalnya, anda ingin melakukan cicilan 1 juta per bulan sedangkan pendapatan anda hanya 3 juta per bulan, maka pihak bank pun akan langsung menolak karena tidak masuk kriteria yang ditentukan.

  1. Masa Kerja

Mengapa KPR Anda Ditolak? Bisa jadi, anda mengajukan KPR sebelum masa kerja minimal yaitu 2 tahun. Untuk itu, bagi anda yang ingin KPRnya dapat disetujui, akan lebih baik penuhi dahulu masa kerja anda selama 2 tahun atau lebih. Jika tidak, anda diwajibkan menggunakan surat keterangan (SK) pengangkatan dari kantor atau perusahaan sebelumnya, sehingga jika ditambah masa kerja anda lebih dari 2 tahun.

  1. Melewati Usia Pensiun

Nah, bagi anda yang sudah melewati usia pensiun maka pengajuan KPR pastinya akan ditolak karena melewati batas ketentuan. Rentang usia bagi nasabah saat cicilan berakhir yaitu 55-65 tahun, namun tergantung pula syarat masing – masing pihak bank. Misal saat mengajukan KPR usia Anda 45 tahun dan ingin mencicil selama 15 tahun, besar kemungkinan ditolak karena Anda akan berusia 60 tahun saat cicilan berakhir. Oleh karenanya, hitung dahulu batas usia anda jika ingin mengajukan KPR agar bisa disetujui oleh bank dan dapat selesai tepat waktu.

Itulah tadi alasan – alasan Mengapa KPR Anda Ditolak atau tidak disetujui oleh Bank. Semoga bermanfaat dan menambah wawasan anda seputar KPR serta mempersiapkan pengajuan KPR lebih siap lagi.

Baca juga: Cara Agar KPR Disetujui Oleh Bank

img

arifin

    Related posts

    Syarat untuk Mendapatkan Bantuan DP Rumah dari Pemerintah

    Rumah merupakan tempat hunian yang diperlukan bagi setiap orang, bahkan bagi golongan menengah...

    Continue reading
    by arifin

    Hindari Lima Kesalahan Ini Ketika Membeli Rumah

    Anda termasuk salah satu orang yang sudah terlanjur membeli rumah, namun kecewa! kurang cermat...

    Continue reading
    by arifin

    Tips Menentukan Harga Jual Rumah yang Tepat

    Bagi anda yang sedang mengikuti bisnis penjualan properti pastilah sudah paham akan penentuan...

    Continue reading
    by arifin

    Join The Discussion